MAKALAH MANAJEMEN KOMUNIKASI PEMASARAN
@amerika
Di SusunOleh : 3EA18 (Kelompok 5)
· AjiBriliantDewantara
(10212515)
·
DaniGuntoro
(13212703)
·
IklimaFitriRahmatiah
(13212593)
·
IndraOktavianto
(11212681)
·
Maya
Ikhlasiyah (14210284)
·
ShintaOktaviani
Rami (16212987)
·
Tito
Suasono (17212413)
·
YoziLatulAini
(17212882)
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2015
1. SEJARAH @america
Atamerica atau
juga lazim ditulis @america adalah
pusat kebudayaan Amerika Serikat yang
terletak di Mall Pacific Place Lt.3 #325 Jln.Jendral Sudirman Kav.52 – 53
Kebayoran Baru, Central Jakarta, 12190.Jam operasional di
@america itu sendiri selalu buka setiap hari (termasuk hari libur) dari pukul
13.00 – 21.00. @america
resmi didirikan pada Desember 2010 dengan tujuan mengenalkan Amerika Serikat
melalui diskusi, pertunjukan budaya, debat, kompetisi, dan pameran.
Pusat kebudayaan ini adalah yang pertama
kali di dunia yang dibangun dengan teknologi canggih. Pengunjung bisa mengakses
informasi melalui layar sentuh berukuran lebar, penggunaan ipad dan jaringan
wifi secara cuma-cuma, panggung pertunjukan dengan layar presentasi, layar live
tweeting, dan mesinGoogle Earth ukuran
raksasa yang disebut Liquid Galaxy yang memungkinkan pengunjung mengeksplorasi
seisi bumi, antariksa, hingga kedalaman laut.Seluruh event di @america bebas
pendaftaran dan tidak dipungut bayaran.
Walaupun merupakan
pusat kebudayaan dari negara lain dan merupakan bagian dari program Kedutaan
Besar Amerika Serikat, @america memberi kesempatan berbagai komunitas dan
pembicara dari Indonesia untuk ikut tampil setiap harinya. Selain juga tentunya
pertunjukan dan pembicara dari tokoh dan komunitas di Amerika Serikat, @america
juga memberi informasi mengenai kehidupan para muslim di Amerika Serikat yang
hidup dalam damai dan kerukunan, selain juga berbagai tokoh yang mewarnai
perjalanan sejarah Amerika Serikat. @america juga menerima kunjungan dari
berbagai sekolah, madrasah, dan institusi pendidikan lainnya.
Pada 14 Januari
2012, @america mencatat kunjungan lebih dari 100 ribu orang. Pengunjung
diperiksa melalui pintu tebal dalam barisan satu arah dan diperiksa dengan
metal detektor sebanyak dua kali. Seluruh barang bawaan dan tas wajib
dititipkan di loker tembus pandang sebelum memasuki ruang tunggu. Pengunjung
tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman ke dalam. Untuk anak – anak
dibawah umur 13 tahun harus ditemani oleh orang tua.
Fitur
-Maksimalkan Kunjungan Anda
Mulai dari platform
multimedia sampai program tematik serta para e-guide @america yang sarat dengan
pengetahuan, @america menawarkan pengunjung berbagai bantuan untuk memperkaya
kunjungannya. Untuk informasi lebih lanjut, datangi salah satu e guide kami
yang sedang bertugas.
Media
Interaktif – Pengantar
Dengan serangkaian
media yang interaktif, @america memungkinkan pengunjung untuk mempelajari Amerika
Serikat secara mendalam. Sebagai tambahan, para pengunjung dapat mengakses
koleksi survey, kuis, dan permainan puzzle kami melalui teknologi mutakhir yang
tersedia di tempat. Untuk mengetahui lebih lanjut, mohon kunjungi salah satu
platform layar sentuh kami yang tersedia.
Fasilitas
- Semua Yang Anda Perlukan
Untuk membuat
kunjunganmu semakin menyenangkan, @america menawarkan serangkaian fasilitas.
Termasuk di dalamnya Information Desk dan sebuah Membership Counter.
Membership
Counter - Gabung Bersama Komunitas @america
Membership counter
@america tersedia di di Exhibition Area. Disini pengunjung bisa bergabung
dalam Program Keanggotaan @america dan menerima update eksklusif atas berbagai
program dan acara khusus. @america menerima Anda dan komunitas Anda untuk
menyumbangkan topik dan ide program, menjadikan @america sebagai pusat
kebudayaan pertama yang terfokus pada pengunjung (user-drive) di Jakarta. Untuk
mengunjungi dan mendaftar online, mohon kunjungi bagian Membership.
2. TUJUAN DIDIRIKANNYA @america Di
Indonesia
Seperti yang sudah kita
ketahui sebelumnya @america itu sendiri merupakan pusat kebudayaan Amerika yang
menyediakan berbagai informasi seputar hal – hal yang berkaitan tentang
Amerika. Tujuan didirikan @america itu sendiri adalah untuk memberikan
informasi yang akurat kepada setiap pengunjung yang datang dan memperkenalkan
bagaimana kebudayaan di Amerika itu sendiri melalui pertunjukkan budaya,
diskusi, debat, kompetisi, dan berbagai macam pameran.
@america itu sendiri akhirnya dibangun
di Jakarta yaitu di dalam suatu pusat perbelanjaan yang tidak pernah sepi dari
pengunjung. Pendiri dari @america memilih lokasi di Jakarta karena ia melihat
antusias masyarakat Indonesia untuk bisa mengetahui lebih banyak tentang
amerika dan banyak sekali pelajar atau mahasiswa yang ingin melanjutkan studi
hingga kesana. Berbagai pertanyaan hingga gagasan mereka sampaikan melalui
berbagai teknologi terkini yang sudah ada sekarang. Ini juga dapat mempererat
hubungan bilateral untuk membentuk kerja sama yang baik antara kedua negara.
Pendiri juga memilih lokasi di dalam suatu pusat perbelanjaan karena animo
masyarakat pada zaman sekarang pasti lebih banyak untuk berkunjung ke pusat
perbelanjaan. Entah itu ingin berbelanja, makan, atau hanya sekedar hangout
bersama para kerabat. Dengan didirikannya @america di dalam suatu pusat
perbelanjaan yaitu di Pasific Place, nantinya akan membuka rasa ingin tahu
masyarakat tentang apa itu @america.
Peranannya
Bagi Masyarakat Indonesia
Sebagai warga negara
indonesia saya cukup kagum pada saat berkunjung kesana karena teknologi yang
digunakan sudah sedemikian canggihnya. Bukan tidak mungkin jika negara America
disebut negara adikuasa mungkin hal itu memang pantas di dapatkan oleh America melihat
sistem teknologi mereka yang sangat canggih menandingi negara Jepang dan Rusia.
Berbeda sekali dengan teknologi yang ada di Indonesia saat ini dimana teknologi
Indonesia masih sangat terbatas dan tidak secanggih teknologi yang ada Di
Amerika. Dengan dibangunnya @america di Indonesia diharapkan dapat menjadi
bahan referensi untuk Indonesia agar bisa meningkatkan sistem teknologinya agar
bisa sebanding dengan negara America dan negara – negara lainnya.
3. Komunikasi Pemasaran Yang Di
terapkan Di @america
@america memiliki konsep pemasaran
yang unik dalam mempromosikan kebudayaan America di Indonesia. Menurut kami
komunikasi pemasaran yang diterapkan di @america berkaitan dengan
karakteristika tujuan pemosisian (positioning) dalam komunikasi pemasaran yang
meliputi peran tujuan dalam strategi perusahaan, peran tujuan dan rencana
kegiatan promosi, derivasi tujuan kegiatan promosi dan realisme dalam perumusan
tujuan kegiatan promosi. @america menggunakan peran serta tujuan dan rencana
kegiatan promosi dalam memperkenalkan kebudayaan Amerika di Indonesia dengan
tujuan agar Indonesia bisa memiliki teknologi yang canggih seperti America.
4. Hal yang dilakukan Gunadarma untuk
dapat meningkatkan kualitas pemasarannya.
Komunikasi pemasaran
yang saat ini telah di terapkan di Gunadarma menurut kami sudah cukup baik. Hal
itu terlihat dengan adanya sistem promosi yang dilakukan oleh gunadarma seperti
pembagian handphone gratis bagi mahasiswa baru, pemberian laptop bagi mahasiswa
yang membayar uang kuliah hingga 6 semester dan masih banyak lainnya.teknologi
yang di terapkan Gunadarma dalam hal melakukan komunikasi pemasaran maupun
aplikasi untuk para mahasiwa/i nya sudah sangat baik walau pun hal tersebut
sering mengalami berbagai kendala seperti : jaringan yang lemah, sistem eror
dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:
Posting Komentar